Yang Perlu Diketahui Tentang Bunga Krisan

Jika anda serius untuk membudidayakan bunga krisan, ada baiknya untuk memahami betul seluk beluk bunga potong ini. Karena bunga krisan membutuhkan pemeliharaan yang gampang-gampang susah.

Krisan pada umumnya tumbuh baik pada ketinggian tempat 700 – 1200 m dpl, suhu udara untuk pertumbuhan (siang : 20-28 oC dan malam : 15-20 oC), kelembaban udara selama pertumbuhan awal 90 -95 %, dan setelah tanam, tingkat keasaman tanah pH 6,2 – 6,7 dan EC o,* mS/cm – 1mS/cm.

Meskipun tanaman krisan membutuhkan air yang memadai, tetapi tidak tahan terhadap terpaan air hujan. Oleh karena itu untuk daerah yang curah hujannya tinggi seperti di Cianjur, Bogor, Sukabumi, Lembang dan beberapa wilayah indonesia lainya, penanaman krisan dilakukan di dalam bangunan rumah plastik.

Sedangkan untuk pembungaan krisan membutuhkan cahaya menjelang pembungaan 70 – 80 %, tanaman hari pendek (masa vegetatif memerlukan periode malam yang panjang (>14.5jam) / berbunga bila penyinaran < 11 jam). Untuk produksi yang optimal tanaman krisan perlu diberi tambahan cahaya buatan 3-4 jam pada malam 3,5 – 4,5 mg dari lampu TL dan lampu pijar.

Hal-hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam budidaya bunga krisan adalah sarana produksi. Seperti rumah naungan (green house), subsistem pencahayaan buatan, subsistem irigasi, bibit tanaman yang baik, sarana perlengkapan & perlindungan tanaman, sarana transportasi, sarana Grading & Packing, serta sarana Penyimpanan Bunga (Cooling).