Budidaya Bunga Matahari

Bunga matahari (Helianthus annuus), merupakan tanaman perdu. Rasa lembut, netral. Herba anual (umumya pendek, kurang dari setahun), tegak, berbulu, tinggi 1 - 3 m.

Bunga matahari termasuk tanaman berbatang basah (herbaceus), daun tunggal berbentuk jantung sepanjang 15 sentimeter panjang dan 12 sentimeter lebar dengan gagang daunnya yang panjang kemas tersusun pada batang pokoknya yang keras dan berbulu. Pokoknya setinggi 90 – 350 cm, berbatang kecil, berbulu kasar dan hampir tidak bercabang.

Kepala bunga matahari yang besar (inflorescence) dengan diameter bunga dapat sampai 30 cm, dengan mahkota berbentuk pita disepanjang tepi cawan dengan ukuran melintang antara 10 hingga 15 sentimeter, berwarna kuning, dan di tengahnya terdapat bunga - bunga yang kecil berbentuk tabung, warnanya coklat.

Bila dibuahi, bunga-bunga kecil ini menjadi biji - bijinya yang berwarna hitam bergaris - garis putih itu berkumpul di dalam cawan. Bila sudah matang, biji - biji ini mudah dilepaskan dari cawannya. Bunga Matahari dikenal tumbuh ke arah matahari, perilaku ini dikenal dengan istilah heliotropik. Pada malam hari, bunga itu tertunduk ke bawah.

Bunga matahari (Helianthus annuus), ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari, sebagai tanaman hias. Tanaman ini cocok di segala alam tetapi tanaman ini paling subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Bunga matahari dapat tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.
Bunga matahari tidak dapat hidup di daerah yang tergenang air. Karena akar-akarnya akan membusuk.

Bunga matahari merupakan tanaman semusim. Tanaman ini diperbanyak dengan biji. Biji benih berasal dari bunga pertama induknya yang sudah tua. Caranya dengan penyemaian. Biji benih diambil dan ditabur dalam bekas yang mengandung tanah basah, ia mudah berkecambah dan cepat membesar.

Jika hanya butuh sedikit, cukup menggunakan pot sebagai wahana persemaian. Untuk skala besar, semaikan di bedengan. Tunggu 10 hari sejak masa tabur, atau bila tinggi bibit sekitar 15 - 20 cm, baru boleh dipindahkan ke lokasi tanam. Satu lubang, cukup satu bibit.

Jarak tanam sekurang - kurangnya 1 meter persegi. Jika terlalu rapat, batang tak akan berkembang dan bercabang. Besaran bunga pun akan mengecil, bahkan kerdil.

Tanaman sebaiknya ditanam pada tanah gembur. Di awal penanaman, taburkan 3 kg pupuk kandang (kotoran ayam, kotoran kambing, kotoran lembu) per bibit. Ulangi saat tanaman berumur sebulan. Berikan 25 gram ZA per batang. Di usia 1,5 bulan, tambahkan 15 gram TSP per batang. Jangan lupa, perhatikan saluran pembuangan air, hama dan penyakit yang bisa mendera. Umur 2 bulan, bunga dari batang utama mulai kuncup, diikuti cabang - cabang di ruas - ruas daun di bawahnya. Satu batang tanaman bisa menghasilkan 10 - 12 tangkai bunga.

Untuk pemeliharaan bunga matahari lakukan penyiraman setidaknya sekali sehari. Spesies pokok hiasan ini mampu menarik serangga yang turut membantu proses pendebungaan untuk menghasilkan biji benih bagi pertumbuhan anak benih baru.

Poskan Komentar

POPULER

BURUNG

BURUNG

Pengunjung

PERTANIAN

TANAMAN BUAH

Label

Mawar Anthurium Artikel budidaya anthurium Anggrek Kaktus Melati Jemani budidaya melati pemupukan Lidah Buaya budidaya budidaya anggrek budidaya kaktus budidaya lidah buaya budidaya mawar cara menanam media tanam Adenium Krisan Sedap Malam budidaya bunga krisan budidaya bunga sedap malam panen perbanyakan pupuk Aglaonema Bunga Kertas Bunga Matahari Kembang Sepatu Kuping Gajah Privacy Policy Sansaveria Tips agar anggrek tetap cantik aglonema air mancur alamanda anancoda badan benih bibit adenium black black matahari bougenville budidaya adenium budidaya bunga matahari budidaya bunga mawar budidaya jemani budidaya kaktus sekulent budidaya kembang sepatu budidaya kuping gajah budidaya mawar potong bunga wijayakusuma obat tb paru cara membuat komposter cara mengatasi cara merangkai bunga segar cara merawat cara merawat anggrek daun jemani delapan tanaman pengusir nyamuk geranium gulma hama lidah buaya jemani kobra jemani mangkok jemani terpopuler jemani varigata jemani yang paling banyak dicari jenis-jenis melati khasiat tanaman bunga kreasi bunga segar leak lidah mertua lokasi budidaya mawar manfaat bunga wijayakusuma manfaat dan sentra tanaman mawar manfaat lidah buaya manfaat tanaman bunga mawar potong media tanam adenium media tanam jemani media tanam melati mengenal anggrek mengolah bunga wijayakusuma untuk obat nama-nama jemani obat pendarahan rahim obat sesak nafas pascapanen pedoman teknis budidaya mawar pembibitan pembibitan anggrek pembibitan anthurium pembibitan lidah buaya pemeliharaan pemeliharaan dan perawatan anthurium pemeliharaan lidah buaya pemupukan anggrek pemupukan anthurium pemupukan jemani pemupukan kaktus penanaman penanaman lidah buaya pengolahan lahan untuk budidaya mawar penyakit lidah buaya penyiraman jemani perawatan perawatan adenium perbanyakan kaktus potensi bisnis tanaman hias 2012 pupuk NPK pupuk akar pupuk jemani ragam tanaman bunga rosemary rumput liar sejarah kaktus sejarah mawar sejarah singkat melati sekilas anthurium sekilas tentang bunga krisan sentra tanaman melati serat jemani taman tanaman hias pengusir polusi tataan bentuk bunga dan daun tentang kaktus tips memilih bibit jemani tips merawat bibit gelombang cinta yang perlu diketahui tentang anthurium yang perlu diketahui tentang bunga krisan

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP