Yang Perlu Diketahui Tentang Anthurium

Cara pembudidayaan anthurium tidak terlalu sulit, namun cara-cara budidayanya yang baik perlu dikuasai agar tanaman anthurium yang dibudidayakan dapat tumbuh baik sehingga menampilkan keindahan yang prima.

Oleh karena itu perlu pemahaman tentang: syarat tumbuh, media tanam, cara pemeliharaan, penyiraman, pengendalian hama dan penyakit. Syarat tumbuh, semua jenis anthurium, tidak ada yang asli Asia, tetapi berasal dari daerah hutan Amerika tropis, yang hidup di pohon-pohon (bersifat epifit).

Oleh karena itu, anthurium menghendaki cuaca yang teduh dan lembab. Tanaman anthurium menghendaki intensitas cahaya 1000 s/d 2000 fc atau sama dengan menggunakan naungan paranet 75 s/d 85 %.

Jika tidak menggunakan paranet, anthurium dapat ditanam di bawah lindungan pohon atau para-para dari daun kelapa, agar tanaman tidak terkena sinar matahan langsung.
Cahaya matahari yang berlebihan dapat menyebabkan daun dan bunga pucat, bahkan dapat
terbakar.

Jika kekurangan cahaya, maka untuk tanaman anthurium berbunga kurang produktif.
Kelembaban yang diinginkan berkisar antara 60-80%. Sedangkan suhu udara tidak kurang dari 15°C dan maksimum 30°C. Suhu optimum antara 20 s/d 24°C. Untuk anthurium daun, suhu udara di dataran tidak merupakan masalah.

Sebaiknya anthurium ditanam di rumah plastik/ rumah kaca. Ada beberapa keuntungan kalau dipelihara di dalam rumah plastik, yaitu curah hujan tidak menimpa langsung tanaman, dan penyebaran penyakit dapat dikurangi.