Cara Budidaya Kaktus Sekulent

 
photo: pixabay.com

Cactus dan Sekulent adalah tanaman yang menyimpan air atau makanan di dalam tubuhnya (akar,daun atau batang) karena itu tanaman ini dapat bertahan hidup walau tidak disiram berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Anda tertarik untuk membudidayakannya ? Nah berikut ini hal - hal yang perlu dilakukan dalam budidaya kaktus dan sekulen :
1. Membersihkan / memotong semua akar-akar halusnya
2. Menanam dalam pot dengan media khusus untuk kaktus dan sekulent
3. Meletakkan pot di tempat teduh selama dua minggu tanpa disiram
4. Setelah terlihat ada pertumbuhan, lakukan penyiraman ulang satu minggu sekali setelah media tanam benar-benar kering dan letakkan di tempat yang langsung terkena matahari penuh, kecuali untuk beberapa jenis sekulen yang tidak menghendaki sinar matahari penuh
5. Lakukan penggantian media tanam setelah + 3 atau 4 bulan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bertanam kaktus dan sekulen diantaranya:
1. Memiliki sebuah green house (rumah atap plastik sederhana) yang mutlak diperlukan
2. Membeli kaktus dan sekulen dalam jumlah kecil, jika belum berpengalaman memilikinya
3. Setelah berpengalaman dan mengetahui cara perawatannya, dapat melakukan penambahan jumlah maupun jenis sesuai keinginan.
4. Mengoleksi beberapa jenis cactus dan sekulent tanaman, seperti jenis yang berduri indah, berduri galak, dan berbulu halus atau warna merah , kuning maupun berbentuk bulat, panjang dan sebagainya

Karena tanaman ini dapat menyimpan air dalam tubuhnya, maka tidak perlu sering disiram atau dipupuk, pada dasarnya lebih baik kering daripada dalam kondisi basah. Lakukan penyiraman apabila benar - benar yakin seluruh media tanam dalam pot kering, jika permukaan media kering belum tentu media di bawahnya juga kering, maka siramlah 3 - 4 hari kemudian. 

Perlu diingat bahwa pot yang lebih besar interval siramnya lebih lama dibandingkan dengan pot yang lebih kecil. Di daerah rendah interval penyiraman akan lebih pendek diabndingkan di dataran tinggi. Untuk pot yang berukuran kecil penyiramannya dilakukan 3 - 4 kali dalm seminggu , untuk pot yang berukuran besar dilakukan 1 – 2 minggu sekali dalam kondisi kemarau.

Pemupukan dapat dilakukan satu bulan sekali , dengan pnyemprotan atau penyiraman pada media tanamnya. Gunakan pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi pada kaktus dan sekulent yang masih kecil/muda, dan kandungan phospor tinggi untuk tanaman dewasa.

Pergantian media tanam dapat dilakukan setelah tanaman terlihat benar-benar kebesaran dalam pot lama atau terlihat pot kekecilan. Jika kondisi tanaman terlihat dalam keadaan tumbuh prima, maka media tanam tidak perlu dibuang, tambahan media baru cukup di seputar media lama saja dalam pot yang ukurannya lebih besar.

Jika tanaman berada dalam kondisi tidak terlihat ada pertumbuhan, dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut : Bongkar tanaman tersebut dengan cara membuang semua akarnya dan simpan di tempat teduh, namun harus tetap tersinari matahari selama dua minggu, setelah itu lakukan penanaman ulang dengan pot dan media baru, simpanlah di tempat teduh selama 1 - 2 minggu baru disiram.