Tanaman untuk Mengurangi Polusi


Tanaman hias, ternyata tidak hanya bisa memperindah ruangan rumah atau taman. Beberapa diantaranya juga bermanfaat untuk menyerap polusi udara. Ingin rumah anda indah sekaligus bersih udaranya ? berikut tanaman yang bisa anda gunakan.


Pohon dadap merah

Pohon yang satu ini selain dapat menghisap polusi, pohon dadap merah juga mampu mendatangkan burung. Buah dadap merah merupakan santapan burung. Bunga yang tersusun dalam tandan berbentuk kerucut ini dapat dijadikan sebagai pagar hidup atau pohon peneduk di pekarangan.

 Selain itu, daun dadap yang muda dapat dijasikan sebagai sayuran dan obat seperti menyembuhkan disentri, meringankan rematik, obat pencahar, dan peluruh dahak. Tak hanya itu, daun-daun dadap berkhasiat memperbanyak air susu ibu, membuat tidur lebih nyenyak, dan bunganya mampu memperlancar haid.


Pohon kelengkeng

Bukan buahnya saja yang enak dan manis dimakan. Pohon kelengkeng juga mampu meredam polusi udara. Banyak pabrik-pabrik menanam pohon kelengkeng untuk meredam polusi udara yang dihasilkan.

 

Pohon mahoni

Selain digunakan sebagai bahan baku furniture kayu. menurut laboratorium, pohon mahoni termasuk dalam criteria pohon yang mampu mengurangi polusi udara sekitar 47% – 69%. Daun-daunnya menyerap polutan-polutan dan melepaskan oksigen ke udara. Selain itu, pohon mahoni termasuk pohon pengikat air karena akarnya dapat mengikat air sehingga menjadi cadangan air bagi lingkungan sekitar.

 

Lumut

Lumut merupakan indikator apakah udara yang ada di lingkungan sekitar merupakan udara bersih. Semakin banyak lumut berada dalam pohon, maka semakin baik kualitas udara yang ada.

 

Sirih belanda

Tanaman yang dapat hidup di mana saja ini mampu menyerap polusi di udara. Sirih belanda dengan efektif mampu menyerap formaldehida dan benzene, dalam sehari sirih belanda mampu menyerap 54% total benzene 0,156 ppm, 67% ppm formaldehida dari 18 ppm, dan karbonmonoksida sebesar 113 ppm dapat dihilangkan hingga 75%.


Kembang sepatu

Tanaman yang berbunga indah ini mampu menyerap nitrogen sehingga menyegarkan udara. Hal yang harus dihindari menanam kembang sepatu adalah tidak menanamnya dekat dengan ruang radiografi karena dapat meneruskan radiasi sehingga berbahaya bagi orang sekitar di tempat radiografi tersebut.

 

Lidah mertua

Tanman yang memanjang ini tidak diragukan lagi dapat menyerap polutan yang ada di udara. Lidah mertua mampu menyerap 107 jenis racun termasuk asap rokok dan radiasi nuklir.

 

Pohon trembesi

Pohon trembesi merupakan pohon tinggi, besar, dan lebat yang mampu menyerap 28,5 ton karbon dioksida per tahun. Selain penyerap polusi, pohon trembesi mampu menyerap air tanah sehingg saat musim hujan tiba, wilayah sekitar pohon trembesia tidak tergenang air. (sumber; http://matoa.org)