Sekilas Anthurium

Anthurium merupakan salah satu tanaman hias tropis yang termasuk ke dalam keluarga talas-talasan. Ciri dari keluarga ini, yaitu bunganya terdiri atas seludang (spathe) dan tongkol (spadik).

Genus anthurium terdiri dari ribuan spesies, yang sebagian dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Jenisnya banyak, ada yang berdaun indah, ada juga yang berbunga indah. Yang berbunga indah ada yang menjadi tanaman pot berbunga dan tanaman bunga potong.

Harga anthurium beragam, dari yang ribuan rupiah sampai dengan ratusan juta bahkan miliaran rupiah, tergantung daripada keunikan dan kelangkaannya. Walaupun anthurium bukan tanaman asli Indonesia, tetapi dia cocok dengan keadaan iklim di Indonesia.

Beberapa jenis anthurium bunga potong sudah lama menjadi komoditas ekspor ke beberapa negara. Sedangkan, Anthurium pot berbunga dan anthurium daun, banyak digemari oleh ibu-ibu rumah tangga dan dipelihara secara indoor.

Sudah sejak lama orang mengenal anthurium sebagai Kuping Gajah atau Kuping Keledai.
Demikian pula, beberapa anthurium bunga dari jenis Anthurium andreanum pun sudah dikenal lama.

Tetapi akhir-akhir ini berkembang jenis-jenis lain, baik anthurium bunga maupun
anthurium daun. Di antara jenis anthurium daun yang berharga mahal, yaitu mempunyai nama Supernova, Kobra, Air Mata Bunda (A. jenmanii) Gelombang Cinta (A. plowmanii, anthurium sirih (A.radicans), A. hookeri, A. superbum, A. veichii, dan lain-lain.