Budidaya Kuping Gajah

Kuping gajah sebenarnya termasuk golongan anthurium. Tetapi orang lebih akrab menyebutnya kuping gajah saja. Mungkin karena corak daunnya yang terbentuk oleh tulang-tulang daun yang umumnya berwarna lebih muda. Pembudidayaan kuping gajah tergolong mudah. Selain dengan menggunakan biji dapat juga dengan cara stek. Media tanamnya pun cukup tanah biasa.

Kuping gajah terdiri dari banyak jenis. Berikut yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber;

Kuping Gajah Crystalinum
Kuping gajah crystalinumanthurium crystallinumspesies kuping gajah jenis ini umum dan paling banyak dijumpai di indonesia sebagai tanaman penghias rumah. Rumah dengan tanaman ini memberikan kesan klasik dan homey. Pembiakan yang umum dilakukan adalah stek batang.

Kuping Gajah Clarinervium
Kuping gajah clarinerviumanthurium clarinerviummemiliki dimensi daun maksimal terkecil dibanding jenis lainnya dan pertumbuhan lambat. Clarinervium unggul dalam ketebalan daunnya. Corak terbentuk dari alur tulang daun yang berwarna keputihan dengan warna cenderung melebar keluar tulang daun. Jadi perbandingan dengan dimensi daun, maka alur putih terlihat paling dominan. Di belanda, ada sebuah perusahaan yang mengembangbiakkan anthurium ini secara besar-besaran.

Kuping Gajah Nikki
Kuping gajah nikkiwarna daun hijau kekuning-kuningan dengan dimensi yang cenderung besar. secara menyeluruh, daun terlihat lemas. dari batang utama seringkali muncul anakan baru sehingga berkesan merumpun.

Kuping Gajah Papillilaminum

Kuping gajah papillilaminumwarna daun hijau tua. tulang daun pada anthurium ini termasuk yang paling tidak tegas sehingga corak yang terbentuk pada lembar daunpun terkesan samar-samar.

Kuping Gajah Regale

Kuping gajah regaleregale merupakan anthurium kuping gajah yang sosoknya paling kokoh. menurut saya, corak yang terbentuk dari alur tulang daun pada anthurium regale adalah yang terbagus dan terunik dibanding jenis anthurium kuping gajah lainnya. jenis corak ada banyak variasi, sehingga kemudian muncul banyak nama-nama regale yang digolongkan menurut coraknya. karakter daun akan semakin bagus terlihat pada daun yang sudah besar. daun regale dapat mencapai dimensi maksimal sangat besar/huge sampai dengan panjang daun 2m. saya mendapatkan spesies ini dari amerika serikat dan amerika selatan.

Kuping Gajah Ace of Spades
Kuping gajah ace of spades 1anthurium ace of spades 2pada pembelian pertama kali, ace of spades yang saya dapatkan adalah jenis kuping gajah dengan warna daun kehitaman. karena keunikannya inilah, maka kemudian saya berniat untuk membelinya lagi. tetapi yang saya terima di pembelian kedua ini tidak selegam sebelumnya dengan perkembangan dimensi daun yang cenderung lebih cepat. kemungkinan hal ini terjadi karena pembiakan dari biji, sehingga anakan tidak selalu identik dengan induknya.

Artikel Terkait

Budidaya Kuping Gajah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email