Budidaya Adenium

Anda suka bunga adenium ? Adenium merupakan tanaman yang relatif mudah untuk
dibiakkan. Adenium dapat membudidayakannya dengan dua cara. yakni secara generatif dan vegetatif.

Generatif
Pembudidayaan secara generatif dilakukan dengan menggunakan biji. Untuk mendapatkan biji adenium cukup mudah, tinggal membungkus buah adenium dengan plastik. Sebab, buah Adenium merupakan tipe buah dehiscent. Artinya ketika matang buah ini akan pecah menyemburkan bijinya. Oleh karena itu, perlu dibungkus dengan plastik. Supaya ketika buahnya pecah bijinya tidak berhamburan kemana-mana.

Pada umumnya, adenium mulai berbuah ketika bunga mekar telah berusia 1 bulan. Buah-buah itu akan matang dalam waktu 3-4 bulan. Karena itu proses pembungkusan sebaiknya dilakukan ketika buah dalam waktu kurang lebih 2-3 minggu sebelum matang. matangnya.

Biji yang terkumpul dan ditampung dalam plastik selanjutnya dikeringkan. Jika sudah cukup kering, bisa disemai di media tanam yang telah disiapkan. Setelah besar baru dipindahkan ke pot atau media tanam yang lebih besar.


Vegetatif
Pembudidayaan adenium secara vegetatif biasa dilakukan dengan cara mencangkok. Yakni, dengan membungkus cabang yang diinginkan menggunakan kantong plastik. Jangan lupa ikat kencang kantong itu. Setelah beberapa waktu, bungkusan tadi akan membesar. Itu tandanya cangkokan anda berhasil.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pencangkokan kurang lebih 2-4 minggu. Anak adenium yang dihasilkan harus ditanam ditempat yang teduh karena belum tahan terhadap sinar matahari. Proses adapatasi ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 9 bulan.