Aglaonema si Ratu Daun





Aglaonema si ratu daun. Begitu predikat yang disandang tanaman hias yang dikenal dengan nama chinese evergreen ini. Indonesia aglaonema dinamai sri rejeki.

Belakangan ini, seiring banyaknya waktu di rumah sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, hobi tanaman hias kembali marak. Salah satu jenis tanaman hias yang banyak diburu adalah aglaonema.

Tanaman hias ini digemari selain karena keindahan daunya, juga karena sangat mudah dirawat. Aglaonema mampu tumbuh sehat di hampir segala kondisi dan tempat. Aglaonema tumbuh sehat di luar ruangan, dan tetap cantik mempesona di dalam ruangan.

Aglaonema cukup banyak jenisnya. Di Indonesia saja setidaknya sampai saat ini terdapat 12 jenis aglaonema yang populer di kalangan pecinta tanaman hias.

1. Aglaonema Pride Of Sumatra

Aglaonema Pride of sumatra bisa dikatakan sebagai awal generasi aglaonema berwarna merah. Pride of sumatra di perkenalkan pada 1993. Aglaonema jenis ini cukup mudah ditemukan dan banyak dijual di tempat-tempat penjualan tanaman hias.

Pride of Sumatra memiliki ciri fisik berupa daun berbentuk elips memanjang dengan tangkai berwarna merah muda. Bercak daun berwarna hijau tua gelap, merah, dan merah muda dengan tulang daun merah menyala.


2. Aglaonema Adelia

Adelia memiliki daun yang didominasi bercak merah muda dengan bagian tengah berwarna merah muda. Aglonema Adelia diperkenalkan pada era 2000-an dan sampai saat ini masih banyak penggemarnya.


3. Aglaonema Widuri
Widuri memiliki ciri daun oval berwarna kekuningan dengan sedikit bercak warna hijau. Tulang daun utama berwarna merah menyala. Aglaonema ini dikenal mudah dibiakkan.


4. Aglaonema Tiara

Tiara bukan hanya cantik dan menyandang predikat ratu, tapi juga sang juara. Aglaonema Tiara sering memenangkan kejuaraan pameran tanaman hias berskala nasional.
Secara fisik, Tiara memang patut menjadi juara. Warna daunnya merata dengan spot kecil-kecil berwarna merah menyala dan hijau. Aglaonema tiara tergolong tanaman hias yang mahal. Harga jualnya dihitung berdasarkan jumlah lembar daun, dimana satu lembarnya dipatok harga Rp500.000.


5. Aglaonema Moonlight

Aglaonema moonlight sesuai namanya memiliki bentuk daun cenderung bulat dan melengkung hingga mirip mangkuk. Tulang daun berwarna merah dengan corak yang tegas.


6. Aglaonema Bidadari

Daun aglaonema bidadari merupakan kombinasi warna kuning, jingga, pink, dan hijau. Tangkai penopang berwarna merah muda dengan bercak hijau pada bagian ujung. Cantik seperti bidadari.


7. Aglaonema Legacy

Aglaonema legacy memiliki daun berwarna hijau kekuningan dengan bercak hijau gelap yang tersebar merata. Keunikan dari aglaonema legacy adalah daunnya dibingkai tulang lembut berwarna merah lembut.


8. Aglaonema Lipstik (Siam Aurora)

Aglaonema lipstik dikenal juga dengan nama Siam Aurora. Dijuluki liptik karena pinggiran daunnya yang hijau mengkilap berwarna merah menyala layaknya lipstik.


9. Aglaonema Dud Anjamani

Aglaonema Dud Anjamani masih menjadi favorit pecinta tanaman hias. Dud Anjamani yang berarti permata yang membuat takjub itu memiliki keunikan pada daunnya. Daunnya berbentuk agak bulat berwarna merah mengkilap dengan tulang daun berwarna hijau.


10. Aglaonema Lady Valentine

Lady Valentine memiliki daun berwarna merah muda yang berbentuk bulat telur dan sedikit bergelombang.


11. Aglaonema Red Kochin

Kalau ingin mencari aglaonema dengan warna dominan merah red kochin adalah pilihan yang tepat.


12. Aglaonema Red Ruby

Sesuai namanya aglaonema ini memiliki keindahan warna merah ruby dengan kombinasi sedikit warna hijau. Silahkan pilih sesuai selera, dan sesuaikan dengan bujet anda.