Budidaya Bunga Kertas atau Bougenville

Bunga bougenville atau bunga kertas, merupakan bunga yang cukup menarik untuk hiasan di halaman rumah. Bunga ini cukup mudah dalam menemukannya. Sehingga tak susah untuk menghias halaman rumah anda dengan bunga bougenville. 

Bougenville atau kembang kertas berbentuk pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian, karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian dari bunga, walaupun bunga yang sesungguhnya adalah bunga yang kecil yang terlindung oleh seludang. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman ini, agar dapat hidup tahan lama dan lekas berbunga. Berikut beberapa tips untuk merawat bunga bougenville: Pembungaan pada bougenville dapat dirangsang dengan mengatur pemberian air. 

Biarkan tanaman bougenville hidup tanpa diberi air selama beberapa hari sampai daun-daunnya mulai gugur. Lalu berikan air dalam jumlah berlebihan hingga tanah menjadi jenuh. Perubahan mendadak tersebut akan menghasilkan kuncup bunga di seluruh cabangnya. 

Duri bougenville sedikit mengandung racun. Jika bagian tubuh kita tergores olehnya, maka akan terasa pegal di sekitar kulit yang terluka selama beberapa lama tetapi rasa pegal tersebut akan hilang dengan sendirinya. Penampilan bougenville mudah dikreasikan dengan teknik okulasi dengan menempelkan beberapa tunas pada satu tanaman induk. Sehingga dapat dijumpai beberapa jenis bunga dalam satu tanaman.

Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email