Fitur Baru IOS 14


Apple baru saja merilis IOS 14 untuk  memperbaiki performa gawai pintar, Iphone dan Ipad. Sistem operasi perangkat bergerak yang dikenalkan melalui acara Worldwide Developers Conference ( WWDC) 2020 itu memiliki sejumlah fitur baru, sebagai hasil peningkatan dari IOS 13. Apa saja fitur baru IOS 14 itu ?


  •  Translate

Fitur ini memungkinkan pengguna perangkat Apple untuk menerjemahkan percakapan secara langsung. Fitur penterjemah ini mampu mengalih bahasakan sebelas bahasa. Antara lain, Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, dan Korea.


  • Widget

Fitur ini sebenarnya sudah cukup lama dikenal pengguna gawai pintar. Selain untuk mendukung kebutuhan pengguna, widget juga merupakan penghias homescreen. Pada IOS 14 pengguna dapat melihat ramalan cuaca, jam, dan menu lainnya dengan menggeser homescreen ke kiri.


  • App Clips

App Clips merupakan fitur yang memudahkan pengguna perangkat Apple melakukan transaksi pembayaran, baik menggunakan NFC atau QR code. Kehadiran fitur ini sangat mendukung gerakan pembayaran nontunai.


  • App Library

Dengan App Library pengguna Iphone dan Ipad dapat mengelompokkan aplikasi yang digunakan sesuai kategori yang diinginkan. Fitur ini juga dilengkapi kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi dari homescreen.


  • Picture in picture


Dengan fitur picture in picture pengguna Iphone dan Ipad tetap dapat menonton video  dalam ukuran layar lebih kecil ketika sedang membuka aplikasi lain.


  •  Penggantian Aplikasi Standar

Ini boleh jadi merupakan fitur yang ditunggu para pengguna Apple. Dengan fitur ini mereka dapat mengganti aplikasi bawaan seperti brower dan email.


  • Maps Cycling Directions

Fitur ini merupakan pelengkap aplikasi maps milik Apple. Sesuai namanya fitur ini menyajikan peta dan informasi untuk pengendara sepeda. Fitur serupa juga disematkan di Apple Watch. 


  • Wind Down Mode

Fungsinya untuk mengatur waktu tidur dan bangun.


Namun, tidak semua perangkat Apple bisa mendapatkan pembaruan IOS 14. Dikutip dari Apple.com, IOS 14 hanya bisa digunakan pada Iphone  SE generasi pertama dan kedua, Iphone 6, Iphone, 6s plus, Iphone 7, Iphone 7s, Iphone 8, Iphone 8 plus, Iphone generasi 11, dan Iphone